Minggu, 01 Januari 2017

RAGAM GERAK DASAR TARI NUSANTARA



 


RAGAM GERAK DASAR 

TARI NUSANTARA


Setiap tarian daerah memiliki karakter yang berbeda-beda. Perbedaan itu terdapat juga dalam gerakan kaki.
a.     Adeg-adeg/Agem
Adeg-adeg merupakan posisi siap dalam menari, dari posisi adeg-adeg  penari akan melaukan gerakan lainnya.
Sikap Adeg-adeg pada tari Betawi :
·        Tumit bertemu,  berjalara 1 kepal (membentuk garis lurus).
·        Lutut di tekuk, rendah / terbuka.
·        Badan condong kedepan.
(Sikap adeg-adeg  ini merupakan sikap awal yang merupakan ciri khas tari Betawi)
b.     Wedi Kengser (Jawa).
Gerak wedi kengser juga sering disebut gerak gera “keser” yaitu gerakan berpindah tempat dengan cara bergeser  kesamping ,ke kanan atau kiri.
c.      Langkah Meliuk.
Geerak dasar kaki langkah meliuk tedapat dalam gerak-gerak tari dari daerah Sulawesi.
d.     Nyregseg.
Nyregseg adalah melangkah dengan cara bergeser ke depan dalam posisi jongkok. Nyregseg di mulai dengan kaki kir yang berada di depan menepak dengan cara  dijulurkan kedepan, kemudian kaki kanan merapat hingga lutut menyentuh betis kaki kiri.

GERAK STILASI
Gerak Stilasi yaitu gerak dasar tari yang sudah diolah dan disempurnakan. Tari daerah pada umunnya memiliki unsur-unsur gerak stilasi yang berbeda.

a.     Gerakan Selancar.
Gerakan tangan kanan mengayun ke depan dan ukel, bersamaan dengan gerak kaki kiri ke depan, kemudian di susul dengan gerakan kaki kanan ke depan bersamaan dengan gerak ukel tangan kiri. Lakukan gerakan tangan mengayun dengan luwes dan sampai hafal.
b.     Kewer.
Kaki silang badan merendah. Tangan kiri di pinggang, tangan kanan lurus ke samping. Lalu gerakan tangan kanan ke pundak dan gerakan kaki kanan melangkah di tempat bersamaan dengan gerakan kepala menghadap ke kanan. Selanjutnya, gerakan tangan lurus ke samping setinggi pinggang di sertai gerakan kepala lempar ke kiri.
c.      Rapat Nindak.
Sikap kaki dalam gerak rapat nindak adalah kaki kiri menapak biasa dan kaki kanan rapat jinjit, arah sebaliknya dilaukan dengan saling bergantian.
d.     Kewer Ganda.
Dari sikap adeg-adeg , tangan merentang setinggi pinggang. Kemudian gerakan kedua tangan naik turun sambil melangkah ke depan. Caranya, gerakan kedua tangan ke pundak , kaki kanan melangkah ke depan dan badan condong ke depan. Berikutnya, gerakan kedua tangan turun seperti semula sambil melangkahkan kaki kiri ke depan, dan seterusnya.
e.     Gerak Pakblang
Gerak pakblang disebut juga gerakan selancar blang tur, karena gerakannya mirip dengan selancar. Posisi badan tegak ,tangan kiri di angkat di atas kepala , melekuk , lentik dengan telapak tangan ke bawah., tangan kanan lurus ke samping jari melentik.
Selanjutnya, tangan kanan mengayun dengan luwes, tarik ke atas kepala, tangan kiri bergerak lurus kesamping. Kemudian lakukan gerakan kebalikan atau berganti lagi dengan tangan kiri . Gerakan kaki mengikuti gerak tangan , yaitu jinjit saling bergantian. Jika tangan kiri diatas, kaki kanan melangkah ke depan dan sebaliknya.
f.       Gerak Gibang
Kaki silang, badan condong ke depan. Tangan melekuk ke bawah siku. Lakukan gerakan berajalan membentuk lingkaran , seperti gerak kewer dengan posisi kaki silang. Lakukan gerakan dasar gibing berulan-ulang sampai luwes.
Usahakan dalam 8 hitungan gerakan gibang berjalan memutar  kalian kembali ke posisi semula. Pada setiap hitungan 8 lakukan lempar selendang.

1 komentar: